Sinergi Teaching Factory Pringsewuresto

PT Pringsewu Cemerlang > Departemen > HRD > Sinergi Teaching Factory Pringsewuresto
Sinergi Teaching Factory (TEFA) merupakan agenda dan sekaligus komitmen manajemen Pringsewu Restaurant Group bersama dengan sekolah kejuruan dalam rangka meningkatkan kompetensi lulusan Sekolah kejuruan. Sinergi TEFA Pringsewu merupakan implementasi dari aktifitas CSR (Corporate Social Responsibility) yang dilakukan sejak awal tahun 2000.
Pembelajaran Teaching Factory (TEFA) adalah model pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berbasis produksi / jasa yang mengacu pada standar dan prosedur yang berlaku di industri dan dilaksanakan dalam suasana seperti yang terjadi di industri. Pelaksanaan Teaching Factory menuntut keterlibatan mutlak pihak industri sebagai pihak yang relevan menilai kualitas hasil pendidikan di SMK
Pelaksanaan Teaching Factory sesuai Panduan TEFA Direktorat PMK terbagi atas 4 model, dan dapat digunakan sebagai alat pemetaan SMK yang telah melaksanakan TEFA. Adapun model tersebut adalah sebagai berikut:

1. Model pertama, Dual Sistem dalam bentuk praktik kerja lapangan adalah pola pembelajaran kejuruan di tempat kerja yang dikenal sebagai experience based training atau enterprise based training.

2. Model kedua, Competency Based Training (CBT) atau pelatihan berbasis kompetensi merupakan sebuah pendekatan pembelajaran yang menekankan pada pengembangan dan peningkatan keterampilan dan pengetahuan peserta didik sesuai dengan kebutuhan pekerjaan. Pada model ini, penilaian peserta didik dirancang untuk memastikan bahwa setiap peserta didik telah mencapai keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan pada setiap unit kompetensi yang ditempuh.

3. Model ketiga, Production Based Education and Training (PBET) merupakan pendekatan pembelajaran berbasis produksi. Kompetensi yang telah dimliki oleh peserta didik perlu diperkuat dan dipastikan keterampilannya dengan memberikan pengetahuan pembuatan produk nyata yang dibutuhkan dunia kerja (industri dan masyarakat).

4. Model keempat, Teaching Factory adalah konsep pembelajaran berbasis industri (produk dan jasa) melalui sinergi sekolah dan industri untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dengan kebutuhan pasar.

“Teaching factory adalah model pembelajaran yang membawa suasana industri ke sekolah sehingga sekolah bisa menghasilkan produk berkualitas industri,” Teaching factory berorientasi pada produksi dan bisnis untuk menjawab tantangan perkembangan industri saat ini dan nanti. Pringsewu membuka kesempatan pada sekolah kejuruan yang ingin bergabung dapat program Sinergi Teaching Factory (TEFA) ini. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi cabang Pringsewu terdekat atau ke Departemen Personalia dan Sumber Daya Manusia (PSDM) Pringsewu restaurant group.

About Company

Hadir sejak tahun 1987 dari kota kecil di kaki gunung Slamet bagian selatan, tepatnya di kota Purwokerto resto Pringgading sebagai cabang pertama.