Pilih Telur Berkualitas, caranya?

PT Pringsewu Cemerlang > Produksi > Seputar Produksi > Pilih Telur Berkualitas, caranya?

Dibutuhkan kejelian untuk memilih kualitas telur yang baik. Seperti apakah cara Memilih Telur Berkualitas Bagus, simak tips berikut ini :

  1. Pillihlah telur dengan cangkang yang masih bersih. Meskipun masalah kotoran di permukaan cangkang telur bisa saja dibersihkan sebelum dijual, namun tidak ada salahnya lebih mengutamakan telur dengan cangkang yang bersih. Pilih juga telur yang mempunyai cangkang berwarna cerah, dan jangan memilih telur yang ada bintik kehitaman dicangkangnya. Warna cerah pada cangkang telur menandakan teur tersebut masih baru.

 

  1. Guncang telur secara perlahan. Ketika membeli telur di supermarket ataupun di tempat penjualan telur lainnya pastikan anda mendapatkan telur yang segar dan baru. Mengguncang telur secara perlahan adalah salah satu cara yang sering dilakukan untuk memastikan kualitas telur yang akan kita beli. Ketika telur kita gerakkan tidak mengeluarkan bunyi, maka telur tersebut masih baru. Bila terdengar ataupun terasa seperti suara kocak maka jangan memilih telur tersebut, karena ada kemungkinan telur telah rusak.
  2. Pilih telur yang berbau segar. Bila telur telah lama dan tidak baru lagi, maka bau telur akan berbeda dengan yang baru. Telur yang telah rusak, meski masih tertutup cangkang baunya bisa tercium dari luar.
  3. Rendam dalam air. Hal ini merupakan salah satu test untuk mengetahui tingkat kesegaran telur. Pastikan telur yang kita beli dan akan kita konsumsi tenggelam saat direndam air. Bila sudah melayang, atau bahkan mengapung sebaiknya hindari untuk mengkonsumsinya karena telur telah rusak. Ada sedikit cara yang bisa digunakan untuk menentukan berapa hari telur tersebut telah disimpan. Bila saat kita rendam telur dalam keadaan tidur, maka telur tersebut masih baru. Bila telur yang kita rendam tersebut posisinya agak berdiri, kemungkinan telur telah disimpan 3-5 hari. Nah, bila telur telah berdiri maka telah disimpan lebih dari 5 hari. Untuk telur yang melayang atau bahkan mengapung sebaiknya jangan dipilih, karena itu merupakan ciri-ciri telur yang rusak.
Sudah cukup jelaskan, mari tingkatkan konsumsi makan telur dengan selalu mengkonsumsi telyur yang berkualitas. selamat mencoba.


 

About Company

Hadir sejak tahun 1987 dari kota kecil di kaki gunung Slamet bagian selatan, tepatnya di kota Purwokerto resto Pringgading sebagai cabang pertama.