Apa itu Ewallet ?

PT Pringsewu Cemerlang > Departemen > KEUANGAN > Apa itu Ewallet ?

Layanan Contactless saat ini sedang gencar didengungkan. Layanan untuk mengedepankan sedikit mungkin kontak menjadi fokus utama dalam pencegahan covid 19. Pringsewuresto turut andil dalam mengapresiasi konsep tersebut.

salah satunya adalah layanan dengan e-wallet. e-wallet adalah suatu layanan elektronik yang bisa digunakan untuk menampung dana dan bisa juga digunakan sebagai alat  pembayaran.

Jika dilihat saat ini ewallet mulai berkembang secara pesat dan telah banyak startup Indonesia yang mengembangkannya. Ada beberapa aplikasi e-wallet atau dompet digital yang cukup populer di Indonesia diantaranya seperti go-pay, ovo, dana, link aja, jenius, shopeepay dll. Ada beberapa kelebihan saat menggunakan ewallet ini diantaranya adalah bisa terhindar dari uang palsu, transaksi menjadi lebih cepat serta terhindar dari penyebaran virus atau bakteri seperti di masa sekarang ini, dimana aktivitas disarankan untuk dilakukan dari rumah saja. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai produk ewallet yang ada di Indonesia, informasinya sebagai berikut :

  1. Ovo

Ovo menjadi salah satu e-wallet yang banyak digunakan di Indonesia. Meskipun ewallet Ovo sempat Mengalami penurunan pengguna dari tahun 2019.

Ovo sendiri tidak hanya dapat digunakan untuk melakukan transaksi online tetapi juga bisa melakukan transaksi secara offline atau langsung ke toko. sudah banyak merchant yang bermitra atau bekerja sama dengan pihak Ovo sehingga banyak kemudahan yang bisa dirasakan ketika menggunakannya.

Apabila sudah di-upgrade ke versi yang premium, Ovo bisa digunakan untuk melakukan transfer bank. Ovo juga bisa digunakan untuk membeli paket dan pulsa atau membayar PDAM listrik dan masih banyak lagi transaksi lainnya yang bisa dilakukan lewat Ovo.

  1. Dana

Dana juga menjadi salah satu ewallet di Indonesia yang banyak digunakan. Ewallet dana dirilis pada tahun 2018 namun telah mampu memikat banyak pengguna sehingga berdasarkan beberapa informasi menduduki posisi ketiga sebagai ewallet yang banyak digunakan di Indonesia.

Dana sendiri merupakan ewallet yang hadir karena adanya kerjasama oleh emtek group dan ant Financial. Selain itu ewallet dana turut bisa digunakan untuk transaksi di aplikasi  merchant Bukalapak.

Melalui dana juga banyak transaksi lainnya yang bisa dilakukan sehingga mempermudah pembayaran ataupun transfer yang dilakukan kepada orang lain.

  1. ShopeePay

Shopeepay juga menjadi salah satu ewallet yang banyak digunakan di Indonesia terutama belakangan ini. Penggunaan uang elektronik ataupun pembayaran digital memang menjadi solusi yang dianggap baik di masa seperti sekarang ini.

Ewallet shopeepay ini diluncurkan SeaMoney dan sudah mendapatkan lisensi dari Bank Indonesia per bulan Agustus 2018 dan telah resmi rilis pada November 2018.

Dengan shopeepay banyak transaksi secara online yang bisa dilakukan termasuk pembayaran di aplikasi shopee ketika berbelanja. Para pengguna yang tentunya sering berbelanja ataupun menjalankan bisnis lewat shopee bisa merasakan banyak kemudahan dengan adanya shopeepay ini.

  1. Gopay

Ewallet gopay juga merupakan salah satu yang banyak digunakan di Indonesia. Ewallet ini bisa ditemukan dalam aplikasi gojek dan bisa digunakan untuk melakukan pembayaran dalam aplikasi gojek itu sendiri.

Bahkan Gopay juga menjadi salah satu ewallet yang cukup populer di Indonesia. Gopay bisa digunakan untuk melakukan pembayaran layanan seperti go-ride gocar go-send dan lain-lainnya.

Gopay juga bisa digunakan untuk transfer antar bank sehingga tidak perlu lagi ke ATM ataupun bank terdekat untuk bisa melakukan transfer sejumlah dana kepada seseorang yang ingin dituju.

Jenis juga menjadi salah satu ewallet yang banyak digunakan di Indonesia dan bisa digunakan untuk melakukan transaksi ke berbagai merchant seperti Tokopedia, JD ID, sayurbox, kita bisa kopi kenangan dan lain sebagainya.

Dari segi jumlah pengguna jenius juga sudah lumayan banyak dan ini berarti bahwa jenis telah dipercayakan banyak pengguna sebagai salah satu ewallet kepercayaan mereka.

Tercatat sejak tahun 2018 jenius mengalami peningkatan pengguna tepatnya sejak kuartal 4. Melalui jenius bisa dilakukan menabung secara online ataupun berbagai transaksi lainnya seperti pembayaran.

Dengan begitu berbagai kemudahan bisa dirasakan para pengguna jenius atau pelapukan transaksi di mana dan kapan saja tanpa terhalang batas waktu dan jarak asalkan saldo mencukupi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

About Company

Hadir sejak tahun 1987 dari kota kecil di kaki gunung Slamet bagian selatan, tepatnya di kota Purwokerto resto Pringgading sebagai cabang pertama.