Cara mengelola gaji dengan baik

PT Pringsewu Cemerlang > Departemen > HRD > Cara mengelola gaji dengan baik

Bagaimana perasaan kalian setelah gajian? Pasti senang banget, kan…. Gajian bisa  merupakan hal yang paling dinantikan oleh hampir seluruh karyawan, kerja keras selama sebulan akhirnya terbayarkan. Tapi, kita seringkali terlena saat memegang uang gajian, sehingga uang tersebut rasanya hanya numpang lewat. Belum tanggal 1 kantong sudah kering atau tongpes.  Yuk belajar menata uang gaji lebih baik lagi, Simak tips-tips berikut :

1. Catat seluruh pengeluaran rutin setiap bulan
2. Buat daftar kebutuhan yang harus dibeli
3. Buat daftar alokasi pengeluaran yang sudah pasti jumlahnya
4. Alokasikan tabungan diawal bulan
5. Buat dua rekening, untuk menabung dan untuk pengeluaran sehari-hari6. Bawa uang tunai secukupnya
7. Tentukan tujuan keuangan dan berkomitmen terhadap hal tersebut
8. Membuat persentase seperti rumus mengatur keuangan. Misal 40% gaji untuk kebutuhan sehari-hari, 30% untuk bayar cicilan/tagihan, 20 % untuk masa depan dan 10 % untuk beramal.

Dengan mengikuti tips diatas, nantinya kamu bisa melihat bahwa mungkin gaya hidup dan pengeluaran yang tidak terjaga yang membuat kamu harus bertahan hidup dari gaji ke gaji. Setelah mengatur keuangan dengan lebih baik, kamu bisa menyisihkan uang untuk ditabung dan tetap menikmati hidup sesuai kondisi keuanganmu.

Semoga bermanfaat
Terima kasih telah membaca

About Company

Hadir sejak tahun 1987 dari kota kecil di kaki gunung Slamet bagian selatan, tepatnya di kota Purwokerto resto Pringgading sebagai cabang pertama.