Nikmat dan Pedasnya Sambal Khas Bali dapat dinikmati di Pringsewuresto

PT Pringsewu Cemerlang > Produksi > Menu & Resep > Nikmat dan Pedasnya Sambal Khas Bali dapat dinikmati di Pringsewuresto

Sambal, jadi bagian tak terpisahnya dari lidah orang Indonesia. beranimakansambal dan beranipedas benar benar jadi pemacu makin cintasambal. Sejarah Sambal hadir di Nusantara jauh sebelum bangsa Portugis datang bawa cabai. sambal di nusantara Indonesia memiliki beragam bentuk, rasa dan tampilan. Salah satu daerah yang punya cita rasa sambal adalah  daerah Bali. Sambal Bali ada dua yang melegenda yaitu sambal Matah dan sambal Bongkot. Untuk lebih lengkapnya adalah :

1. Sambal Matah

Aneka Jenis sambal di Indonesia - Sambal matah

Sambal Matah ini merupakan sambal khas Bali yang rasanya enak dan segar. Rasa segar dari sambal ini terdapat karena bahan-bahan yang digunakan tidak ditumis melainkan mentah-mentah, maka dari itu dinamai sambal matah. Bahan-bahan untuk sambal matah ini yaitu bawang merah, cabe rawit, serai, jeruk, minyak goreng dan sedikit garam.

Pringsewuresto menyajikan Sambal Matah dipadu dengan daging gurameh, daging ayam dan daging bebek. Nikmati Gurameh sambal matah, ayam sambal matah dan bebek sambal matah. Benar-benar nikmat dan bikin ketagihan.

2. Sambal Bongkot

Aneka Jenis sambal di Indonesia - Sambal bongkot

Masih dari Bali, selain sambal matah ada juga sambal bongkot.  Bunga kecombrang sudah lama dikenal sebagai jenis tumbuhan rempah. Tanaman yang satu ini dimanfaatkan untuk sayur ataupun bumbu penyedap. Kalau berkunjung ke Bali, Anda juga bisa menemukan jenis olahan bunga kecombrang, namanya adalah sambal bongkot Bali.

Nama sambal bongkot diambil dari penyebutan bunga kecombrang sebagai bunga bongkot oleh masyarakat Bali. Dalam pembuatannya, sambal bongkot Bali memanfaatkan batang muda dari tanaman bunga bongkot. Sambal ini pun menjadi salah satu jenis sambal yang populer, dan bahkan tidak kalah dibandingkan dengan popularitas sambal matah.  Bongkot merupakan nama lain dari kecombrang. Sambal bongkot ini terbuat dari bunga kecombrang yang diiris tipis-tipis dan dicampur dengan cabai dan bawang merah. Sambal ini bisa dimakan bersama ayam atau ikan.

Masih penasaran dengan sambal Bali, silakan mencoba


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

About Company

Hadir sejak tahun 1987 dari kota kecil di kaki gunung Slamet bagian selatan, tepatnya di kota Purwokerto resto Pringgading sebagai cabang pertama.