Cara Pringsewu Peduli Terapkan CSR

PT Pringsewu Cemerlang > CSR > Cara Pringsewu Peduli Terapkan CSR

Corporate Social Responsibility atau biasa disebut CSR adalah sebagai rasa tanggung jawab perusahaan terhadap sosial maupun lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada. Sebenarnya CSR bukan hal baru di bidang bisnis. Perusahaan-perusahaan besar dunia sudah mulai menjalankan program CSR sejak lama dan mulai banyak dilakukan pada tahun 90-an. Di Indonesia sendiri, CSR mulai banyak diimplementasikan perusahaan-perusahaan besar dalam negeri mulai tahun 2001.

Aktifitas CSR di Pringsewu atau lebih dikenal sebagai Pringsewu peduli, sudah mulai digulirkan semenjak tahun 2004 lalu.  Kegiatan-kegiatan CSR yang dilakukan Pringsewu adalah kegiatan bantuan kesehatan, kegiatan penghijauan, kegiatan pengembangan dan pemberdayaan masyarakat, memberikan beasiswa untuk anak tidak mampu di daerah tersebut, dana untuk pemeliharaan fasilitas umum, sumbangan untuk membangun desa/fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak.

Menurut Carroll dalam (Unang,2011) CSR, adalah bentuk kepedulian perusahan terhadap masyarakat sekitar, meliputi beberapa aspek yaitu aspek ekonomi, hukum, etika serta kontribusi pada isu sosial. CSR merupakan salah satu tanggung jawab perusahaan terhadap masyarakat sekitar serta merupakan salah satu bagian dari strategi bisnis perusahaan dalam jangka panjang. Menurut Wibisono dalam bukunya berjudul “Membedah Konsep dan Aplikasi CSR (Corporate Social Responsibility)”, Wibisono menjabarkan bahwa Corporate Social Responsibility (CSR) adalah suatu komitmen berkelanjutan oleh dunia usaha untuk bertindak etis dan memberikan kontribusi kepada pengembangan ekonomi dari komunitas setempat atau masyarakat luas, bersaman dengan peningkatan taraf hidup pekerja beserta keluarganya.

Pada dasarnya CSR adalah bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap stakeholder atau pemangku kepentingan, dimana secara umum CSR mempunyai 3 definisi yaitu:

  1. Komitmen bisnis untuk turut serta berkontribusi dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan, bekerja dengan karyawan perusahaan, komunitas setempat, keluarga karyawan, serta masyarakat umum secara keseluruhan dalam rangka untuk memperbaiki kualitas hidup bersama.
  2. Komitmen usaha yang dilakukan secara etis, beroperasi secara legal, serta berkontribusi akan peningkatan ekonomi yang diiringi dengan peningkatan kualitas hidup karyawan termasuk keluarganya, masyarakat ataupun komunitas lokal.
  3. Melakukan tindakan sosial, termasuk didalamnya adalah kepedulian terhadap lingkungan hidup yang lebih dari batas-batas yang dituntut atau diwajibkan dalam peraturan perundang-undangan

Implementasi CSR di Pringsewuresto merupakan komitmen dari falsafah yang dianut Pringsewu sekaligus merupakan penerapan visi Pringsewu.

About Company

Hadir sejak tahun 1987 dari kota kecil di kaki gunung Slamet bagian selatan, tepatnya di kota Purwokerto resto Pringgading sebagai cabang pertama.