5 Manfaat Jeruk Bagi Kesehatan

PT Pringsewu Cemerlang > Produksi > Seputar Produksi > 5 Manfaat Jeruk Bagi Kesehatan

Di masa pergantian musim seperti ini, menjaga daya tahan tubuh tetap stabil menjadi hal yang penting agar selalu sehat dan tidak mudah terkena penyakit. Disamping perlu berolahraga dengan rutin, asupan yang dikonsumsi sehari-hari juga harus diperhatikan sebagai penunjang imunitas kita. Nah, salah satu nutrisi penting yang harus dipenuhi yaitu vitamin C yang mampu berfungsi sebagai anti oksidan untuk membantu melawan radikal bebas yang bisa merusak sistem kekebalan tubuh. Ini saatnya kita bisa memulai dengan mengonsumsi rutin jeruk peras baik itu jeruk manis, jeruk nipis, jeruk lemon ataupun jeruk lainnya.

Pringsewu sendiri agar bisa memenuhi kebutuhan konsumen disajikan minuman berbahan utama jeruk seperti Es Jeruk, Jus jeruk, Es jeruk Kelapa dan lain-lain untuk membantu kebutuhan nutrisi konsumen, Menurut penelitian, manfaat jeruk peras begitu berlimpah dan dibutuhkan oleh tubuh kita. Minuman jeruk peras selain mudah didapatkan, mudah pula dibuatnya. Perlu kita ketahui, minuman jeruk peras segar yang asli tanpa campuran air dan gula lebih baik dari pada yang sudah tercampur oleh bahan tambahan. Adapun manfaat jeruk bagi tubuh kita sebagai berikut :

1. Minuman jeruk peras memiliki banyak kandungan nutrisi
Jeruk peras memiliki beberapa kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh seperti antioksidan, vitamin A, vitamin C, potassium, folat, thiamin, tembaga, magnesium, mineral, dan enzim lainnya. Dengan kandungan tersebut, manfaat jeruk peras telah terbukti klinis mampu menjaga imunitas serta meningkatkan kekebalan tubuh. Bisa juga mendukung detoksifikasi tubuh kamu. Sehingga, tubuh secara berkala dapat mengurai lemak jahat dan racun yang terdapat di dalamnya.

2. Mencegah Inflamasi atau Radang
Manfaat jeruk peras satu ini memiliki sifat anti-inflamasi yang ampuh. Inflamasi atau yang dikenal dengan peradangan bisa dikatakan sebagai mekanisme tubuh dalam melindungi diri dari infeksi mikroorganisme asing seperti jamur, bakteri ataupun virus..

3. Menurunkan kadar kolesterol
Salah satu cara untuk menurunkan kadar kolesterol yang ampuh bisa dengan perasan jeruk nipis dengan campuran air hangat tanpa gula. Kandungan antioksidan dalam perasan jeruk nipis mampu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas dan kolesterol.

4. Memperlancar aliran darah dalam tubuh
Manfaat jeruk peras juga mampu membersihkan liver dan memurnikan darah. Kandungan pada jeruk nipis juga memberikan sifat alkali atau basa dalam tubuh. Apabila kita mengonsumsi di pagi hari, campuran jeruk nipis dan air hangat juga mampu membuat tubuh menjadi lebih segar sampai siang hari. kita akan merasa lebih bersemangat jalani aktivitas harian.

5. Mencegah penyakit batu ginjal
Batu ginjal terbentuk saat urine lebih banyak mengandung zat pembentuk kristal dibanding cairan dalam urine. Batu ginjal dapat terjadi saat tubuh kekurangan zat yang dapat mencegah batu saling menempel. Meski bisa dihancurkan melalui operasi, batu ginjal memiliki kecenderungan untuk muncul kembali. Salah satu hal yang bisa dilakukan menjaga pola makanan dan pola hidup yang sehat. Telah dilakukan penelitian bahwa manfaat jeruk peras berhasiat untuk mencegah penyakit batu ginjal. Perasan jeruk murni tanpa campuran bahan tambahan memiliki kadar sitrat yang tinggi. Kandungan sitrat inilah yang mampu menghalangi pembentukan batu ginjal dan mengurangi kadar keasaman di urine, kita juga tak perlu khawatir, banyak mengonsumsi minuman jeruk peras tak akan menaikkan berat badan kamu apabila diminum tanpa campuran perasa, gula, dan lainnya. Jeruk peras juga bisa dimanfaatkan untuk diet juga

Itu beberapa manfaat jeruk untuk tubuh kita, semoga bermanfaat…


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

About Company

Hadir sejak tahun 1987 dari kota kecil di kaki gunung Slamet bagian selatan, tepatnya di kota Purwokerto resto Pringgading sebagai cabang pertama.