Pindang Gunung Khas Pangandaran

PT Pringsewu Cemerlang > Departemen > Marketing > Pindang Gunung Khas Pangandaran

Pindang Gunung merupakan salah satu kuliner khas pangandaran, menu ikan yang satu ini selain nikmat juga ciptakan sensasi segar dari kuah khasnya.  Rahasia yang bikin pidang gunung ini lezat adalah bumbu kuncinya yaitu honje atau kecombrang dan daun kedondong. Honje digunakan untuk memberikan cita rasa asem segar. Sajiannya akan menghasilkan pindang gunung yang segar dan asem apalagi bila disantap masih hangat. Asam seger bersatu padu, daun kedondong daun ruku-ruku dan lengkuas membuat aroma yang menggoda.

Pringsewuresto punya sajian pindang gunung yang bikin pengen nambah dan nambah lagi. sajian istimewa ini tersedia di Pringsewu Pangandaran yang berlokasi di jalan raya babakan km.1 Pangandaran tepatnya 1 km sebelum gerbang tengah masuk lokawisata pangandaran. Info lebih lanjut dapat menghubungi Pringsewu Pangandaran

Untuk mencoba ada resep yang bisa dicoba untuk bisa menikmati kesegaran dari pindang gunung ini

Bahan dan bumbu:

  1. 1 kg ikan kakap, atau tongkol atau bawal. Bersihkan dan potong menjadi tiga bagian.
  2. 2 buah cabe merah iris tipis
  3. 1 jari jahe memarkan
  4. 2 sendok makan kecap manis
  5. 3 lembar daun salam
  6. 2 sendok makan gula merah
  7. 20 gram daun kemangi.
  8. 5 buah cabe rawit utuh
  9. 3 batang serai memarkan
  10. 3 buah tomat belah empat
  11. Garam dan gula secukupnya
  12. 30 gr honje atau bisa menggunakan daun pucuk kedondong

Dihaluskan

  1. 6 buah bawang merah
  2. 6 buah bawang putih
  3. 5 cabe merah

Cara membuatnya:

Bahan yang dihaluskan dan bahan rempah lainnya direbus dengan menggunakan air satu liter. Kemudian masukan ikan , beri garam, gula kecap secukupnya sehingga terasa asam manis dan pedas. Biarkan hingga ikan matang. Baru diangkat dan disajikan hangat –hangat.

Di dalam pindang gunung ini terdapat ikan yang sudah kita ketahui kandungan gizinya cukup bagus untuk tubuh. Ikan adalah sumber protein hewani yang mumpuni juga ada asam lemak omega3 yang baik untuk tubuh. Selain itu kalori juga gak terlalu tinggi sehingga baik untuk yang diet. Selain itu juga di dalam ikan terdapat banyak mineral seperti selenium,taurin dan lain sebagainya. Honje disini bisa menghilangkan bau badan, memperlancar air susu ibu dan pembersih darah. Hal ini dikarenakan di dalamnya terdapat senyawa akitif saponin, polifenol dan flavonida. Juga kaya vitamin dan mineral bahkan antioskidan yang bagus bagi tubuh

About Company

Hadir sejak tahun 1987 dari kota kecil di kaki gunung Slamet bagian selatan, tepatnya di kota Purwokerto resto Pringgading sebagai cabang pertama.