Gurih Pedasnya Sambal Sunda

PT Pringsewu Cemerlang > Menu & Resep > Gurih Pedasnya Sambal Sunda
Ciri Khas Masakan Sunda itu dari kesegaran sayurannya. Ada berbagai olahan masakan yang berbahan sayuran seperti sayur asem, lalapan, tumis genjer, urap, lotek, dll.
Citarasa yang ringan serta sederhananya membuat masakan sunda menjadi khas. Berbagai macam komponen rempah-rempah yang terdapat pada bahan masakan kuliner sunda membuat rasa yang enak serta melekat dilidah tidak hanya masyarakat jawa barat tapi juga dinusantara tercinta ini.

Ciri khas lain dari masakan sunda itu terletak pada makanan utama yang didalamnya terdapat berbumbu pedas. Yang paling populer di masyarakat sunda itu ciri khas sambalnya. Sambal dengan cabe merah serta cabe rawit ini dikombinasikan dengan terasi yang membuat khas. Masyarakat sunda sangat menggemari yang namanya sambal, bahkan sambal sudah menjadi hidangan utama yang harus ada disetiap makan. Ada banyak jenis sambal di keseharian masyarakat sunda diantaranya :

1.Sambal Cibiuk

Sambal Cibiuk merupakan salah satu sambal favorit di Jawa Barat tepatnya di Garut. Sambal ini memiliki rasa yang khas dengan perpaduan kencur dan terasi yang membuat semua orang ketagihan. Samabl ini cocok disantap dengan ayam.

2.Sambal Dadak

Sambal ini cukup terkenal di tanah Sunda. Rumah makan di Sunda biasanya selalu menyediakan resep sambal dadak ini sebagai pendamping masakan Sunda. Sambal ini memiliki citarasa pedas, sedikit manis dan segar.

3.Sambal Korek

Sambal korek bisa dibilang pedasnya nampol banget. Sambal ini bisa membuat kamu bercucuran keringat saat menyantapnya. Sambal ini terasa pedasnya apalagi ditambah dengan nasi yang masih ngebul dan tambahan ayam goreng.

Sambal Honje Nikmat Pedasnya

4.Sambal Honje

Sambal honje merupakan sambal khas dari tanah Sunda yang terdapat di daerah Kec. Labuan Kab. Padeglang-Banten. Sambal ini wajib ada setiap acara makan-makan bersama pada saat kumpul Botram atau Bancakan selain itu juga ngaliwet makan bersama dengan nasi liwet.

sambal Goang bikin ketagihan

5.Sambal Goang

Sambal ini khas Tasikmalaya yaitu sambal goang. Sambal ini terbuat dari cabe rawit, bawang putih, garam dan kencur. Sambal ini selalu dikonsumsi dengan lalapan. Salah satu makanan yang populer disajikan dengan sambal goang adalah pepes, nasi tutug oncom dan ayam atau ikan goreng.

Selamat menikmati sambal ranah pasundan ini hari ini. Nikmati pula sambal khas sumatera, sambal manado dan sambal bali. Dijamin pengen nambah dan nambah terus.

About Company

Hadir sejak tahun 1987 dari kota kecil di kaki gunung Slamet bagian selatan, tepatnya di kota Purwokerto resto Pringgading sebagai cabang pertama.