Nikmatnya Makan Pedas Sambal & Saos Pringsewu

PT Pringsewu Cemerlang > Menu & Resep > Nikmatnya Makan Pedas Sambal & Saos Pringsewu

Kurang lengkap rasanya jika makan tanpa sambal. Bagi sebagian orang, makan pedas yang berlebihan bisa menyebabkan rasa panas pada perut, mulas, dan akhirnya membuat Anda bolak-balik ke kamar mandi akibat gangguan pencernaan. Jika sudah begini bagaimana mengatasi perut panas akibat makan pedas?

Makanan pedas akan merangsang sistem pencernaan dan meningkatkan suhu tubuh. Sebenarnya, sensasi ini disebabkan oleh zat capsaicin yang terkandung dalam cabai.  Belum banyak penelitian yang membahas mengapa setiap orang memiliki reaksi yang berbeda saat makan makanan pedas. 

Nah, jika Anda termasuk orang yang mudah perutnya terasa panas akibat makan pedas, Anda bisa atasi dengan beberapa cara mudah ini.. Berikut beberapa cara untuk mengatasi perut panas akibat makanan pedas.

1. Minum Teh Peppermint

Peppermint dapat membantu mengatasi masalah pencernaan, termasuk irritable bowel syndrome (IBS), kram perut, mual, muntah, dan perut kembung. Peppermint memiliki zat antinyeri yang dapat mengurangi rasa nyeri perut dan perut panas.
Beberapa penelitian telah dilakukan, suplemen peppermint terbukti dapat mengurangi gejala mulas, asam lambung naik, muntah, sakit kepala karena sakit perut.  Selain lewat suplemen herbal, Anda bisa segera hirup aromaterapi peppermint atau seduh daun peppermint kering dan minum selagi hangat untuk menenangkan perut Anda.

2. Minum Susu

Banyak orang yang sudah tahu akan khasiat minum susu dalam mengatasi masalah pedas ataupun perut panas.  Memang bisa menjadikan setengah cangkir susu sebagai “obat” untuk menetralkan asam dari makanan pedas yang di konsumsi.  Namun perlu dicatat, jangan mengonsumsinya terlalu banyak karena hal tersebut bisa menyebabkan ketidaknyamanan pada perut. Cukup minum setengah cangkir susu dan duduk dalam posisi tegak selama 30 menit.

3. Minum air jahe

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jahe mungkin efektif dalam mengobati kondisi seperti muntah, mual, dan nyeri ulu hati. Meskipun jahe dianggap relatif aman bagi sebagian besar orang, ibu hamil disarankan untuk membatasi asupan jahe yaitu maksimal 1 gram per hari. Sementara bayi di bawah usia dua tahun umumnya tidak boleh mengonsumsi produk jahe dalam bentuk apapun.  Kandungan phenolic dalam jahe berfungsi untuk meredakan gejala iritasi organ pencernaan, menstimulasi air liur, mencegah terjadinya kontraksi pada perut, hingga membantu pergerakan makanan dan minuman selama berada di pencernaan.  Jahe juga disebut sebagai carminative, suatu substansi yang dapat membantu mengeluarkan gas berlebih yang ada di sistem pencernaan Anda. Masalah pencernaan seperti kolik dan dispepsia dapat diatasi dengan jahe.

4. Berbaring

Cara mengatasi perut panas akibat makan pedas adalah dengan berbaring.  Berbaring telentang dengan posisi lurus dan taruh bantal di bawah kepala agar posisi kepala berada 15-20 cm di atas kaki.  Posisi ini kabarnya dapat meringankan rasa panas pada perut akibat mengonsumsi makanan pedas.

5. Mengkonsumsi Buah dan Sayur

Untuk mencegah dan mengatasi perut panas  akibat makan pedas,  Disarankan untuk memperbanyak konsumsi buah dan sayur sebelum dan sesudah makan makanan pedas.  Hal ini karena buah dan sayur dapat meluruhkan capsaicin yang terdapat pada cabai, yaitu kandungan yang bisa menyebabkan rasa panas pada perut pasca mengonsumsi makanan pedas.

6. Yogurt

Mengonsumsi yogurt rupanya juga dapat mengatasi perut panas akibat makan pedas. Hal ini karena yogurt mampu membantu meningkatkan jumlah banteri baik di usus yang mampu membantu melepaskan suhu panas dan membantu memperlancar pencernaan.

7. Air Kelapa

Air kelapa memiliki banyak manfaat, termasuk dalam mendinginnkan perut panas akibat makan makanan pedas. Air kelapa mampu mendinginkan perut karena memiliki sifat basa sehingga mampu menetralkan kadar asam dalam perut sekaligus mendinginkan lapisan perut.

Sudah siap makan pedas dan tetap nyaman diperut. Nikmati sambal dan Saos dari Pringsewu yang nikmat dan pas dengan selera. info hubungi cabang Pringsewu terdekat [klik]

 

Categories