Dampak kebiasaan Menunda Pekerjaan, Bahayakah

PT Pringsewu Cemerlang > Tips > Dampak kebiasaan Menunda Pekerjaan, Bahayakah
Tarsok artinya entar besok, rasanya sebagian besar orang pernah mendengar kata tersebut yang arti lugasnya  adalah menunda pekerjaan. Diakui atau tidak meski hanya sekali dalam hidupnya, kita pasti pernah menunda melaksanakan suatu hal Misalnya, menunda tugas sekolah hingga batas waktu pengumpulan, atau menunda pekerjaan kantor hingga mendekati deadline. Namun, ada pula yang mungkin memang gemar atau memiliki kebiasaan menunda pekerjaan. 
Padahal, kebiasaan menunda pekerjaan bukanlah hal yang baik. Hal ini bisa berdampak buruk tak hanya bagi relasi dengan orang lain, tetapi juga bagi kesehatan. Lantas, apa dampak buruk kebiasaan menunda pekerjaan bagi kesehatan?

Bicara tentang kebiasaan menunda pekerjaan, banyak yang mungkin mengaitkannya dengan kemampuan manajemen waktu yang buruk. Namun, penelitian membuktikan bahwa kebiasaan menunda pekerjaan adalah suatu relasi kompleks dan maladaptif terhadap berbagai stressor, yang berkaitan dengan status psikologis seseorang.  Dr. Fuschia Sirois dari University of Sheffield di Inggris, mengungkapkan bahwa orang yang cenderung menunda pekerjaan memiliki tingkat stres yang lebih tinggi. Selain itu, mereka juga memiliki simpati yang lebih rendah terhadap diri sendiri dibandingkan orang lain.
Kebiasaan menunda pekerjaan bisa mendatangkan dampak buruk bagi kesehatan. Berikut ini beberapa di antaranya:
1.Tingkatkan Stres
Menunda pekerjaan bisa membuat stres meningkat. Jika dijadikan kebiasaan, bukan tidak mungkin hal ini memicu gangguan kesehatan mental yang lebih buruk lagi. 
2.Memperburuk Kesehatan Fisik
Selain memengaruhi kesehatan mental, ada juga bukti bahwa kebiasaan menunda pekerjaan dapat berdampak pada kesehatan fisik seseorang. Dalam sebuah studi pada 2003, Fushia M. Sirois dan rekan menemukan bahwa kebiasaan menunda pekerjaan terkait dapat memicu memburuknya kondisi kesehatan keterlambatan pengobatan.
Oleh karena itu, hindari kebiasaan menunda pekerjaan, terutama jika tidak memiliki alasan yang jelas. Beberapa pekerjaan mungkin membutuhkan waktu untuk diselesaikan, misalnya karena perlu riset dan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya, sehingga pengerjaan suatu tugas perlu ditunda. 
Jika memang alasannya begitu, tentu tidak masalah menunda pekerjaan, selama tidak melewati batas waktu yang ditentukan dan membuat kamu jadi stres.
Siap untuk tidak menunda pekerjaan..? Apa yang dapat dilakukan hari ini, lakukan hari ini.
27
May
2021

Categories